Skip to main content

Lingkup Manajemen

Pada perusahaan-perusahaan besar, manajer puncak, menengah maupun manajer lini pertama bekerja di berbagai bidang termasuk sumber daya manusia (SDM), operasi, pemasaran, informasi, dan keuangan, yang dijelaskan sebagai berikut.

  1. Manajer SDM. Sebagian besar perusahaan memiliki bagian sumber daya manusia yang mengurus bagian penilaian, kompensasi, training karyawan. Untuk perusahaan yang lebih besar, bagian sumber daya manusia yang terdiri dari suatu tim, sedangkan pada perusahaan kecil bagian sumber daya manusia ini mungkin saja baru dipegang oleh satu orang.
  2. Manajer operasi. Manajer operasi berkaitan dengan bagaimana produksi dan operasi perusahaan dapat berjalan baik. Manajer yang bertanggung jawab pada bidang operasi bertanggung jawab untuk produksi, inventory dan kontrol kualitas.
  3. Manajer pemasaran. Manajer yang bertanggung jawab pada bidang pemasaran bertanggung jawab untuk memasarkan produk ke pasar. Manajer ini harus merencanakan program pemasaran, program promosi, dan penjualan. Manajer bidang ini harus bisa menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen.
  4. Manajer informasi. Manajer pada bidang ini bertanggung jawab untuk menciptakan dan membuat suatu sistem informasi yang dapat digunakan oleh para manajer lain di perusahaan untuk mengambil keputusan. Sistem informasi ini, meliputi sistem informasi yang dapat digunakan di bidang pemasaran, produksi, sumber daya manusia.
  5. Manajer keuangan, Manajer yang bertanggung jawab pada bidang ini bertanggung jawab untuk mengurusi bagian keuangan perusahaan. Bidang manajemen ini meliputi menciptakan sistem keuangan, mengontrol pengeluaran, dan memberi keputusan pada hal-hal yang berkaitan dengan alokasi pembiayaan.
  6. Manajer di bidang lain. Selain bidang-bidang di atas, masih ada beberapa bidang manajemen lain karena setiap perusahaan memiliki perbedaan fungsi, sub fungsi maupun divisi yang berbeda-beda, antara lain manajer riset dan pengembangan di perusahaan farmasi, art director di perusahaan periklanan, kordinator riset (researh koordinator) di lembaga riset.

Baca juga artikel lainya yang membahan tentang Pengantar Bisnis. Terima Kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Dua Pertanyaan Besar dalam Ilmu Ekonomi

Dua pertanyaan besar yang kerap kali muncul dalam ilmu ekonomi ( economics ) terkait dengan: Bagaimana dengan sumber daya yang terbatas dan dihadapkan pada pilihan-pilihan yang ada, diambil keputusan tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang-barang dan jasa diproduksi. Kapan pilihan-pilihan yang dibuat dalam rangka memaksimalkan kepentingan pribadi sekaligus juga mampu memaksimalkan kepentingan sosial. 1. Apa, Bagaimana, dan untuk Siapa ? Apa yang diproduksi oleh suatu perekonomian ? setiap perekonomian memiliki banyak pilihan untuk jenis barang atau jasa yang akan diproduksi. Namun demikian, dengan pemahaman bahwa setiap perekonomian memiliki keterbatasan sumber daya yang dimilikinya, maka tidak semua jenis barang dan jasa harus diproduksi sendiri oleh perekonomian tersebut. Apakah perusahaan di Indonesia sebaiknya memproduksi traktor untuk pertanian ? Atau lebih baik memproduksi pesawat terbang ? Kemudian, bagaimana barang dan jasa diproduksi akan menjadi pertanyaan sel

Tanggung Jawab Sosial

Telah dijelaskan etika mempengaruhi perilaku pribadi di lingkungan kerja. Masalah lain yang juga perlu diperhatikan bagi tiap perusahaan selain masalah etika bisnis adalah mengenai tanggung jawab sosial. Griffin dan Ebert (2002) menyatakan, tanggung jawab sosial adalah usaha suatu bisnis untuk menyeimbangkan komitmennya terhadap kelompok dan individu dalam lingkungannya, termasuk konsumen, bisnis lain/pesaing, karyawan, dan investor. Sedangkan Bone dan Kurtz (2000) menyatakan tanggung jaawab sosial merupakan penerimaan manajemen terhadap kewajiban untuk mempertimbangkan laba, kepuasan pelanggan, dan kesejahteraan sosial sebagai nilai sepadan dalam mengevaluasi kinerja perusahaan. Dapat disimpulkan tanggung jawab sosial lebih berkaitan dengan cara suatu bisnis bertindak terhadap kelompok dan pribadi lainnya dalam lingkungan sosialnya. Pada kenyataannya tanggung jawab sosial lebih merupakan suatu usaha untuk mengimbangi komitmen yang berbeda. Misal, untuk bertindak secara bertanggung ja

Peluang dan Tren Bisnis Masa Depan

Sejak kita meninggalkan abad XX dan beranjak pada abad XXI, terdapat berbagai faktor yang menurut para ahli menjelaskan dinamika kondisi ekonomi pada sekitar tahun 1990-an, antara lainberikut ini, Perkembangan teknologi baru yang dapat meningkatkan produktivitas. Deregulasi keuangan, pasar modal, perbankan, dan perdagangan. Peningkatan aktivitas wirausaha dan investasi modal ventura. Pendekatan baru dalam pengelolaan persediaan. Berakhirnya perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Peningkatan daya beli atau pengeluaran konsumen. Pengurangan defisit anggaran belanja. Peningkatan investasi melalui pasar saham. Kebijakan moneter pemerintah yang lebih bersahabat dengan para pebisnis. Peningkatan perdagangan internasional. Beberapa faktor tersebut dapat menjelaskan bagaimana aktivitas bisnis terkait dengan kondisi ekonomi. Namun, ada beberapa faktor di antaranya memiliki fenomena atau catatan khusus yang bernilai. Contohnya, deregulasi keuangan telah membuat anta