Skip to main content

Lingkup Manajemen

Pada perusahaan-perusahaan besar, manajer puncak, menengah maupun manajer lini pertama bekerja di berbagai bidang termasuk sumber daya manusia (SDM), operasi, pemasaran, informasi, dan keuangan, yang dijelaskan sebagai berikut.

  1. Manajer SDM. Sebagian besar perusahaan memiliki bagian sumber daya manusia yang mengurus bagian penilaian, kompensasi, training karyawan. Untuk perusahaan yang lebih besar, bagian sumber daya manusia yang terdiri dari suatu tim, sedangkan pada perusahaan kecil bagian sumber daya manusia ini mungkin saja baru dipegang oleh satu orang.
  2. Manajer operasi. Manajer operasi berkaitan dengan bagaimana produksi dan operasi perusahaan dapat berjalan baik. Manajer yang bertanggung jawab pada bidang operasi bertanggung jawab untuk produksi, inventory dan kontrol kualitas.
  3. Manajer pemasaran. Manajer yang bertanggung jawab pada bidang pemasaran bertanggung jawab untuk memasarkan produk ke pasar. Manajer ini harus merencanakan program pemasaran, program promosi, dan penjualan. Manajer bidang ini harus bisa menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen.
  4. Manajer informasi. Manajer pada bidang ini bertanggung jawab untuk menciptakan dan membuat suatu sistem informasi yang dapat digunakan oleh para manajer lain di perusahaan untuk mengambil keputusan. Sistem informasi ini, meliputi sistem informasi yang dapat digunakan di bidang pemasaran, produksi, sumber daya manusia.
  5. Manajer keuangan, Manajer yang bertanggung jawab pada bidang ini bertanggung jawab untuk mengurusi bagian keuangan perusahaan. Bidang manajemen ini meliputi menciptakan sistem keuangan, mengontrol pengeluaran, dan memberi keputusan pada hal-hal yang berkaitan dengan alokasi pembiayaan.
  6. Manajer di bidang lain. Selain bidang-bidang di atas, masih ada beberapa bidang manajemen lain karena setiap perusahaan memiliki perbedaan fungsi, sub fungsi maupun divisi yang berbeda-beda, antara lain manajer riset dan pengembangan di perusahaan farmasi, art director di perusahaan periklanan, kordinator riset (researh koordinator) di lembaga riset.

Baca juga artikel lainya yang membahan tentang Pengantar Bisnis. Terima Kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Perkembangan Konsep Manajemen

Mengapa perlu mempelajari Sejarah Manajemen ? Bagi kita yang hidup di era modern seperti ini, mempelajari sejarah manajemen sangatlah bermanfaat dalam mendapatkan deskripsi tentang bagaimana kegiatan manajemen itu berlangsung pada masa yang lalu, kemudian bagaimana manajemen berkembang dengan berbagai prinsip oleh para ahli manajemen, dan akhirnya kita mempelajari manajemen untuk mendeskripsikan, menganalisis, merumuskan, dan mengantisipasi perkembangannya guna meraih kehidupan yang diinginkan, serta mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dalam mprediksi kehidupan dikemudian hari berkaitan dengan penggunaan keterampilan manajerial. Sebelumnya kita telah membahas mengenai Sejarah Manajemen Kuno , ada satu pertanyaan yang masih perlu dijjawab, yaitu apakah ada perbedaan antara manajemen yang dilakukan nenek moyang kita dengan kita yang hidup disaat ini? Praktik manajemen memang sudah berlangsung sangat lama, namun yang membedakan antara dahulu dan sekarang adalah cara mempraktikka...

Tanggung Jawab Sosial

Telah dijelaskan etika mempengaruhi perilaku pribadi di lingkungan kerja. Masalah lain yang juga perlu diperhatikan bagi tiap perusahaan selain masalah etika bisnis adalah mengenai tanggung jawab sosial. Griffin dan Ebert (2002) menyatakan, tanggung jawab sosial adalah usaha suatu bisnis untuk menyeimbangkan komitmennya terhadap kelompok dan individu dalam lingkungannya, termasuk konsumen, bisnis lain/pesaing, karyawan, dan investor. Sedangkan Bone dan Kurtz (2000) menyatakan tanggung jaawab sosial merupakan penerimaan manajemen terhadap kewajiban untuk mempertimbangkan laba, kepuasan pelanggan, dan kesejahteraan sosial sebagai nilai sepadan dalam mengevaluasi kinerja perusahaan. Dapat disimpulkan tanggung jawab sosial lebih berkaitan dengan cara suatu bisnis bertindak terhadap kelompok dan pribadi lainnya dalam lingkungan sosialnya. Pada kenyataannya tanggung jawab sosial lebih merupakan suatu usaha untuk mengimbangi komitmen yang berbeda. Misal, untuk bertindak secara bertanggung ja...

Tingkatan Manajer

Dalam dunia manajemen , umumnya terdapat 3 tingkatan dasar manajer, yaitu top manager (manajer puncak), middle manager (manajer menengah), dan first line manager (manajer tingkat pertama). Sebagian besar perusahaan memiliki lebih banyak manajer menengah dibandingkan manajer puncak. Top managers , yaitu manajer yang bertanggung jawab pada dewan komisaris dan direktur untuk keseluruhan kinerja dan tujuan serta target perusahaan. Beberapa jabatan manajer puncak, antara lain president (presiden direktur), vice president (wakil presiden direktur), CEO ( chief executive officer ), dan CFO ( chief financial officer ). Tugas dan tanggung jawab top manager adalah untuk merumuskan strategi perusahaan dan perencanaan yang akan diterapkan oleh manajer dan karyawan di tingkat yang lebih rendah. Middle managers . Middle manager adalah level manajer yang bertanggung jawab untuk mengimplementasikan dan mengontrol pelaksanaan strategi dan perencanaan yang dirumuskan oleh manajer puncak. Bebera...